Oleh: ppidkemkominfo | 06/03/2011

KPU Kunjungi Kemkominfo


Sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka Komisi Pemilihan Umum, Jumat (21/5) melakukan “anjangsana” ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKomInfo). Anjangsana itu dihadiri anggota KPU divisi sosialisasi, Dra. Endang Sulastri, M.Si, Sekjen KPU Drs. Suripto Bambang Setyadi, M.Si, Kepala Biro/Wakil Kepala Biro Teknik & Hupmas serta kepala-kepala bagian di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU. Rombongan KPU diterima oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas KemKomInfo Drs. Dewa Broto, MA. Dewa Broto sekarang ini di samping menjabat Kepala Pusat Informasi dan Humas KemKomInfo, juga menjadi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), sebagaimana diatur dalam UU 14/2008.

Di samping melakukan diskusi intensif mengenai aspek-aspek yang krusial seperti “hal yang dikecualikan” dalam UU 14/2008, rombongan KPU langsung melakukan peninjauan langsung ke ruang media center KemKomInfo, untuk mengecek langsung bagaimana cara mengelola informasi publik, mulai dari permohonan informasi dari pemohon hingga informasi tersebut diperoleh oleh pemohon, baik langsung (datang sendiri ke lembaga publik) maupun tidak langsung (via website) yang ada.

Sebagai informasi tambahan, sejak berlakunya UU 14/2008 tanggal 1 Mei 2010, KemKomInfo menjadi lembaga pertama yang sudah mengangkat PPID dan memfasilitasi semua masalah pelayanan informasi dengan mendirikan media center seperti yang termaktub dalam Undang-Undang ini, kemudian menyusul lembaga Polri, Sekneg dan Mahkamah Konstitusi. (fs/red)

http://www.kpu.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=6366&Itemid=1


Kategori

%d blogger menyukai ini: